Sabtu, 18 April 2015

Perpustakaan Masjid Raya kota Bogor

Dewan kemakmuran Masjid (DKM) Raya Kota Bogor memiliki cara tersendiri dalam menumbuhkan minat baca masyarkat Kota Bogor. Salah satunya dengan menyulap pelataran masjid tersebut menjadi sebuah perpustakaan. Terdapat ratusan koleksi buku di enam buah rak buku yang tersusun dalam lima baris.

Buku di Perpustakaan ini tidak hanya berisi buku agama islam. DKM Masjid Raya Bogor juga meletakkan beberapa buku bacaan umum di Perpustakaan yang berdiri sejak awal tahun 2014 ini. Buku-buku tersebut berasal dari sumbangan mayarakat, hibah, dan milik masjid tersebut.


Perpustakaan Masjid Raya Bogor terletak di Jalan Padjajaran, sebelah timur Terminal Baranangsiang. Kita dapat mendapatkan wahana pengetahuan selepas melaksanakan ibadah sholat di masjid itu. Seperti yang dilakukan oleh Ica, setelah melaksankan sholat ashar ia sengaja meluangkan waktunya untuk membaca di perpustakaan itu.  Ica merasa takjub ketika menemukan buku berjudul Anugerah Cinta dari Surga karya Kahlil Gibran, buku kegemarannya.


Ia lantas mengajak temannya di media sosial untuk mengunjungi Pepustakaan tersebut. "Ada buku Kahlil Gibran di Perpustakaan Masjid Raya Bogor.. hehehe.. selain itu masih banyak buku-buku bagus lainnya.. yuks baca.. gratis lhooo.." tulisnya di akun media sosial.

Saat kita berada di perpustakaan itu nuansa bumi pajajaran terasa sejuk. Hal itu dapat menambah rasa nyaman saat membaca koleksi buku. Selain itu, lanskap Gunung Salak yang kokoh berdiri lengkap dengan Empat puncaknya dapat merelaksasi otot mata kita.

Warga Bogor maupun pelancong yang mengunjungi Kota hujan dapat membaca koleksi perpustakaan itu secara cuma-cuma. Pengelola perpustakaan mempersilahkan pengunjung atau jamaah untuk membaca di tempat, namun tidak untuk dipinjamkan dan dibawa pulang.




G+