Sabtu, 15 November 2014

Menengok Aksi VCT Mekarsari DKAP PMI RIAU perangi HIV

Tahukah Sobat We Care jika saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) memiliki klinik layanan konseling dan tes HIV di Provinsi Riau? Klinik Layanan Konseling VCT Mekarsari DKAP PMI RIAU namanya. Bertempat di Markas Provinsi Riau, Jalan Mekarsari, Kota Pekanbaru, klinik pertama di Indonesia ini buka setiap Senin-Sabtu pukul 09.00-14.00 loh sob.

Awalnya klinink ini merupakan unit pelaksana PMI Provinsi Riau yang bergerak pada bidang pencegahan dan penularan HIV/AIDS. Fokus kegiatan unit yang berjalan sejak tahun 2005 adalah penjangkauan kelompok risiko tertular HIV, pendampingan ODHA, pemberdayaan ODHA, dan pembentukan pendidik sebaya (Peer Educator).

Berjalan selama delapan tahun, DKAP PMI Riau menambah kegiatanya dalam memerangi penyebaran HIV di Provinsi Riau. Kegiatan tersebut berupa pelayanan Konseling dan Tes Sukarela (VCT) HIV kepada masyarakat. Puncak rangkaian kegiatan tersebut adalah pembentukan Klinik Layanan Konseling VCT Mekarsari DKAP PMI RIAU.

Sejak awal beroperasi, Juni 2013 hingga September 2014, VCT Mekarsari sudah memberikan pelayanan konseling dan Tes HIV kepada 5827 orang. Petugas berhasil menemukan 46 kasus baru pengidap HIV selama 16 bulan. Mayoritas ODHA adalah pengguna jarum suntik dan pekerja seks komersil.

Saat ini Klinik VCT Mekarsari telah bekerjasama dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekanbaru, Panti Pijat di Kota Pekanbaru, Pekerja Karaoke, dan Sales Promotion Girl untuk melakukan penjangkauan dan pemeriksaan HIV. Selain itu, layanan Tes HIV juga dilakukan pada pendonor darah yang memiliki resiko tertular di Unit Donor Darah Kota Pekanbaru

Sementara itu, dalam rangka mengurangi anggapan negatif terhadap ODHA di masyarakat. PMI Provinsi Riau telah melakukan sosialisasi di masyarakat, kelompok pelajar dan mahasiswa terkait informasi HIV dan AIDS. Pada sosialiasi tersebut PMI juga mengajak audiens untuk tidak memberikan stigma dan Diskriminasi pada ODHA.

Rencananya VCT Mekarsari DKAP PMI Provinsi Riau akan membentuk layanan Care Support and Treatment (CST) atau layanan Perawatan, Dukungan dan Pengobatan bagi ODHA. #Satria Loka @locha_orange







G+